Kamis, 06 Agustus 2009

Tips dan Trik Mencintai Pekerjaan Anda!

Kebanyakan orang beranggapan bahwa melakoni pekerjaan yang sesuai dengan harapan dan impian pastilah menyenangkan, selain itu kita pasti melakukannya dengan penuh semangat. Namun, bila pekerjaan yang anda kerjakan dan jalankan sekarang belumlah sesuai dengan apa yang anda harapkan dan impikan, jangan jadikan itu alasan anda untuk bermalas-malasan dan kehilangan semangat dalam bekerja. Sebaliknya bersikaplah positif, hadapi kenyataan, tunjukan bahwa anda juga bisa memberikan yang terbaik bagi pekerjaan yang sedang anda jalani ini. Setidaknya hal itu lebih berguna ketimbang anda berandai-andai terus akan pekerjaan yang ideal bagi anda yang masih jauh diawang-awang.

Nah, sekarang yang anda perlukan adalah bagaimana caranya menumbuhkan cinta pada pekerjaan yang anda jalani ini. Berikut ini adalah kiat-kiatnya:

1. Mulailah dengan Rasa Cinta
Banyak yang beranggapan bahwa tolak ukur kesuksesan seseorang adalah ketika ia melakukan pekerjaan yang hebat dan berbobot. Tapi, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Melakoni pekerjaan yang kita sukai dengan maksimal adalah jauh lebih penting! Kenapa? Karena rasa ini dengan sendirinya bakal meningkatkan energi, semangat sampai percaya diri kita! Tak peduli apa kata orang, yang penting kita menyukai pekerjaan kita!

2. Temukan Senior yang Peduli
Kita sudah merasa memberikan yang terbaik dan bekerja habis-habisan, tapi tetap saja kritik selalu datang dari atasan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja yang sudah lebih bekerja lebih lama daripada anda. Carilah rekan kerja dengan reputasi dan track record baik, darinya anda bisa meminta penilaian atas kekurangan anda pada pekerjaan atau anda bisa meminta kritik darinya.

3. Tonjolkan Bakat Anda
Divisi anda sedang mengerjakan satu proyek dari Perancis dan kekurangan orang untuk menterjemahkan beberapa handbook berbahasa Perancis? Segera tangkap kesempatan ini jika anda punya kemampuan berbahasa Perancis yang baik. Memperluas kontribusi di kantor, walau ‘keluar’ dari job description anda sekalipun, sama sekali tidak ada ruginya. Saat proyek berakhir, anda akan merasakan bahwa ‘nilai’ anda sudah bertambah di mata atasan.

4. Cepat Singkirkan Kelemahan Anda
Setiap orang punya kelemahan. Yang harus anda ketahui adalah cepat kenali kelemahan anda. Anda dapat membuat daftar kelemahan anda dan cobalah untuk segera memperbaikinya. Sekedar info, salah satu bentuk kelemahan yang cukup fatal adalah, jika Anda tak bisa menjaga hubungan yang harmonis dengan atasan!

5. Manfaatkan Pelatihan dari Kantor
Berbahagialah anda yang memperoleh pelatihan/kursus dari kantor untuk karyawannya. Pasalnya, tidak semua kantor melakukan hal yang satu ini. Jangan memandang pelatihan sebagai beban, hanya karena menyita waktu anda dan membuat pekerjaan tambah menumpuk karena tugas-tugas tambahan yang diberikan di arena itu. Sebaliknya, gali ilmu sebanyak mungkin selagi bisa.

6. Jangan Takut untuk Meminta
Tak perlu ragu meminta sesuatu yang anda inginkan, sepanjang itu masuk akal dan anda yakin itu pantas anda dapatkan. Inisiatif ini perlu anda miliki karena terkadang atasan terllau sibuk sehingga tidak menyadari apa yang penting bagi bawahannya

Tidak ada komentar: